Kondisi Jembatan Gantung Desa Guna Makmur Makin Rusak

BATURAJA — Jembatan gantung yang menghubungkan antar desa, kini kondisinya rusak parah dan cukup memprihatinkan.

Hasil pantauan, sebagian besar papan jembatan yang kesehariannya digunakan warga Desa Guna Makmur Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), sudah rapuh dan tampak keropos dibeberapa sisi.

Sehingga, menimbulkan kekhawatiran bagi warga setempat setiap kali melintasi jembatan itu. Padahal, jembatan tersebut merupakan satu-satunya akses penghubung jalan darat bagi warga dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Warga meminta, agar pemerintah peduli dan mau memperhatikan kondisi jembatan tersebut agar bisa dilakukan perbaikan secepatnya.

“Iya, benar pak, jembatan gantung ini memang masih bisa dilalui, tapi sudah banyak mengalami kerusakan, bisa dilihat tali seling pengamanan kedua sisi jembatan mulai keropos, kayu lantai jembatan juga sudah rapuh dan rusak,” tutur Andi salah seorang warga setempat.

Menurut Andi, jembatan gantung ini sudah belasan tahun digunakan warga dan belum pernah ada perbaikan. Puluhan sepeda motor dan ratusan pejalan kaki setiap hari melewati jembatan gantung ini.

“Kami masyarakat sangat khawatir melihat kondisi jembatan yang makin lama semakin rapuh dan jika tidak segera diperbaiki nantinya ditakutkan bakal menimbulkan korban jiwa,” katanya.

Jembatan gantung tersebut diungkapkan Andi, rusaknya sudah lama namun masih digunakan oleh masyarakat karena tidak ada jalan lain kecuali melewati jembatan tersebut. Walaupun beresiko tetap saja dilalui.

“Walaupun beresiko tidak ada akses jalan lain, kami terpaksa masih menggunakan jembatan gantung ini dan kami masyarakat berharap agar jembatan gantung yang menjadi penghubung antara Desa Raksa Jiwa ke Desa Guna Makmur segera diperbaiki,” tutupnya.

Sementara itu Camat Semidang Aji Emharis Suryadi Putera saat dikonfirmasi mengatakan, pada prinsipnya ia tidak keberatan dengan usulan masyarakat meminta jembatan tersebut segera diperbaiki. Karena hal itu, dirasanya sangat lah penting guna memudahkan aktivitas keseharian warga desa.

“Yang jelas saya setuju sepanjang itu untuk kebaikan masyarakat dan juga agar Kecamatan Semidang Aji ini semakin terbuka luas akses jalannya,” terangnya. (zulfikri)