Bhakti Sosial PT KAI Gelar Pengobatan Gratis Dengan Kereta Klinik Antar Stasiun

BATURAJA – Dua gerbong khusus disiapkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk pelayanan kesehatan secara gratis pada masyarakat yang tinggal di pinggiran rel kereta api.

Gerbong pelayanan yang dinamai Rail Clinic ini terdiri dua kereta retrofit yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan, dimana masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan berbeda. Secara umum fasilitas kesehatan yang akan diberikan di dalam RailClinic ini dibagi beberapa bagian, ruang monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, emergency dan ruang bersalin.

Seperti dikatakan Franoto Wibowo Humas PT KAI Divisi Regional IV Tanjung Karang, saat menggelar bakti sosial pengobatan gratis untuk nasyarakat di sekitar Stasiun Baturaja, Rabu (4/10).

Dikatakannya, semua fasilitas pelayanan kesehatan sudah tersedia di dalam gerbong, termasuk tenaga petugas kesehatan.

“Disini sudah di persiapkan bahkan ruang darurat, persalinan, pemeriksaan umum, edukasi serta ruang farmasi, dan dikereta ini juga di dukung oleh tenaga medis, dokter umum, dokter gigi, dokter kandungan, petugas labor dan polimata,”terang Franoto.

Rail Clinik generasi ketiga tersebut terdapat peralatan untuk pemeriksaan mata yang sudag menggunakan alat digital, alat rekam jantung, serta dilengkapi TV monitor, real clinic ini dibuat lebih minimalis sehingga ruangan terkesan luas, ruang istirahat untuk petugas kesehatan dan Crew KA RailClinic pun dibuat lebih nyaman.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, sebelumnya stasiun Pagargunung dan stasiun Baturaja, masyarakat dapat menikmati layanan kesehatan gratis di RailClinic terbaru kami, ini salah satu wujud tanggung jawab sosial KAI pada masyarakat, terutama yang tinggal di sepanjang lintas KA, dengan adanya Rail Clinic ini, kami harap masyarakat turut berpartisipasi menjaga aset PT KAI serta menjaga keamanan dan kelancaran perjalanan KA,”ujar Manager Humas Divre IVTanjung Karang.

Ditambahkan Wakil Kepala Divre IV Asdo Aprianto, bahwa kegiatan baksos ini bagian dari CSR, sejak bulan Agustus lalu sudah dilakukan pelayanan kesehatan gratis dan akan terus keliling di 48 stasiun mulai Dari Tanjung Karang hingga Kertapati Palembang.

“Dimana program real clinik ini merupakan program pemerintah, dan memang kami telah memiliki petugas kesehatan dan menyiapkan fasilatas petugas termasuk dokter,”pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut, PT KAI  memberikan bantuan buku-buku, pada anak sekolah, dan kacamata gratis.(feb)